4 November 2020 10:25 am

Top 9 Pekerjaan Paling Berbahaya

Top 9 Pekerjaan Paling Berbahaya

        Kamu mungkin berfikir, kalau pekerjaan kamu sekarang inijauh lebih nyaman, dan bahkan mungkin sebagian dari kamu ada yang merasa kurang bahagia dengan pekerjaan kamu saati ini.
        Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang bekerja pada bidang ekstream? Dimana letak kematian menjadi salah satu faktor umum yang sering kita jumpai pada pekerjaan ini. Ketidak hati-hatian dapat mengakibatkan beberapa orang meninggal secara tidak langsung.
Berikut merupakan 9 pekerjaan paling berbahaya (yang memerlukan safety equipment) versi Bigowner :  1. PEMBERSIH GEDUNG PENCAKAR LANGIT

Keberani menjadi nomor 1 dalam tuntutan pekerjaan ini. Para pembersih kaca pencakar langit ini akan bekerja pada tempat yang sangat sempit pada suatu tumpangan sebagai satu-satunya tumpuan.     Pengecekan terhadap perlengkapan muatan ini sangat penting dalam pekerjaan ini, apabila terjadi kerusakan dalam perlengkapan berat ini, dapat mengakibatkan kematian seketika. Di Indonesia ada banyak sekali menyediakan Jasa Pembersih gedung pencakar langit, diantaranya ; 1. PT. Bintoro Sinergi Korpora , atau memilliki nama lain yauitu Sky Service, kantor pusat berada di Jakarta. 2. PT.Generale Facility Solution ,  kantor pusat berada di Pluit Jakarta. 3.  Dominant Rope Acces  ,kantor pusat berada di Tebet Jakarta Selatan. 4. Pembersih Gedung  , kantor pusat berada di Jakarta 5. CV. Pratama Group  , Kantor pusat berada di Semarang.
2. PEKERJA TAMBANG
Bekerja di tambang tentu saja sangat berat, pekerjaan ini sangat berbahaya di karenakan kondisi dalam gua yang sangat berbeda dengan permukaan luar. Kadar oksigen pada gua yang tipis dan waktu pekerjaan yang lama.     Para pekerja sering terekspos dengan jumlah besar debu silica yang mengakibatkan penyakit silicosis, dimana mengakibatkan peradangan dan lesi nodular pada paru-paru penderitanya.    Kecelakaan pada umumnya antara lain, ledakan, api, tanah longsor atau bahkan tertimpa tumpuhan tambang. Di indonesia sendiri, banyak perusahaan pertambangan, beberapa diantaranya ialah ; 1.Tambang Batubara Bukit Asam PT Persero Tbk Surabaya Perusahaan ini bergerak pada bidang pertambangan, berada di area Surabaya 2.ADARO ENERGY Tbk Perusahaan ini bergerak pada bidang Batubara BEI Pertambangan, berada diarea Jakarta 3. ADARO ENERGY Tbk Perusahaan ini bergerak pada bidang pertambangan, berada diarea Padang 4. Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk Perusahaan ini bergerak pada bidang BEI Pertambangan, berada di area jakarta 5. J RESOURCES ASIA PASIFIK Tbk Perusahaan ini bergerak pada bidang BEI Emas Pertambangan, berada di area Jakarta selatan.
3. NELAYAN

Baik nelayan yang bekerja secara sendiri atau dengan suatu industri perikanan, keduanya sama-sama memiliki resiko sama dimana cuaca merupakan faktor penentu dalam kehidupan nelayan. Nelayan yang bekerja pada suatu industri yang biasa melakukan pelayaran selama beberapa minggu hingga bulanan untuk mengumpulkan ikan di laut, tetap saja cuaca yang buruk akan berdampak buruk dalam pekerjaan ini walaupun kapal perikanan sekarang dilengkapi teknologi GPS yang canggih. Di Indonesia juga banyak sekali perusahaan perikanan yang mempekerjakan Nelayan-Nelayan, di bawah ini adalah beberapa diantaranya : 1. Abadi Makmur,UD berada di Makassar Sulawesi Selatan 2. Bintang Timur Sumber Harapan,PT berada di Benoa Bali 3. Indo Lautan Sakti,PT berada di Jakarta Utara 4. Samudra Mandiri Selatan,PT berada di Medan Sumatra Utara 5. Tailong Fak International Samudra Indonesia,PT berada di Sabang,DI Aceh

4. PEKERJA KONSTRUKSI BANGUNAN

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat berbahaya, kematian akan sangat dekat dengan kehidupan pekerjaan anda apabila tidak berhati-hati. Dengan gaji yang tidak sepadan dengan bahaya dari pekerjaan ini, dapat di katakan pekerjaan ini merupakan pekerjaan paling berbahaya di dunia dengan resiko kematian yang sangat besar. Dan di Indonesia, banyak sekali perusahaan yang mempekerjakan Kontruksi Bangunan, beberapa diantaranya ialah
1. Adhi Karya (Persero) Tbk, bergerak dibidang Kontruksi dan perusahaan berada di area Jakarta. 2. Wijaya Karya Tbk, bergerak dibidang Kontruksi dan perusahaan berada di area Jakarta. 3. Waskita Karya (Persero) Tbk, bergerak di bidang Konstruksi dan perusanaan berada di area Jakarta. 4. SURYA BARU CEMERLANG, PT, bergerak di bidang Konstruksi dan perusahaan berada di area Morowali Sulawesi Tengah. 5. UNEXCO JAYA UTAMA, PT, bergerak di bidang Konstruksi dan perusahaan berada di area Jakarta Selatan.
5. PENGHILANG RANJAU DARAT / PENJINAK BOM

Pekerjaan ini berhubungan dengan bahan-bahan ledakan yang di gunakan oleh industri di suatu area seperti pada Pertambangan.     Pekerjaan ini pada umumnya di lakukan oleh orang-orang yang telah memiliki keahlian khusus dan memahami seluk beluk dari bahan ledak yang di gunakan, dimana metode dalam penghilangan bom ini lebih efektif apabila di lakukan secara langsung daripada dengan metode otomatis.     Apabila para pekerja ini melakukan kesalahan dalam penghilangan atau pelacakan bom, maka dapat di yakinkan bahwa akan ada korban meninggal dalam pekerjaan ini. Berbagai macam kematian terjadi pada bidang pekerjaan ini pada umumnya terjatuh dari ketinggian, ledakan, aliran listrik, perubahan iklim cuaca dan asap. Selain pertambangan, di indonesia juga memiliki penjinak bom yang luar biasa seperti : 1. Detasemen Khusus 88 Antiteror (Polri) 2. Detasemen Khusus 81 Kopassus (TNI AD) 3. Detasemen Jalamangkara (TNI AL) 4. Satuan Bravo 90 (TNI AU) 5. Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab)
6.PENEBANG KAYU

 Pekerjaan ini bukan hanya melelahkan, membutuhkan stamina dan kondisi badan yang fit dalam melakukan tugas pada pekerjaan ini. Kecelakaan biasanya terjadi ketika para penebang kayu ini melewati bidang tanah yang memiliki kemiringan sebesar 70 - 80 derajat dengan membawa perlengkapan berat, tentu anda akan membutuhkan kestabilan dan kehati-hatian. Resiko dari pekerjaan ini semakin besar apabila cuaca ekstreme dan ketidakwaspadaan ketika melakukan penebangan dimana terjatuhnya pohon. Di indonesia sendiri ada 5 perusahaan pemegang Izin Usaha Pengelolaan Hasil Hutan Kayu yaitu 1. PT Mitra Pembangunan Global, perusahaan ini memiliki lahan 83.950 hektare yang berada di Papua Barat. 2. PT Bina Balantak Utama, memiliki lahan seluas 298.710 hektare yang berada di Papua. 3. PT Telagabakti Persada,perusahaan degan lahan 63.405 hektare di Maluku Utara. 4. Perum Perhutani KPH Banten, dengan lahan 80.162 hektare di Jawa Barat. 5. PT Manokwari Mandiri Lestari, yang memiliki lahan 83.240 hektare di Papua Barat.
7. PEKERJA TIM SAR

Pekerjaan sebagai tim SAR atau tim pencari adalah pekerjaan yang mulia. Mereka membantu orang yang sedang tenggelam atau mengalami bencana alam lainnya. Atau juga membantu mencari orang yang hilang. Kesampingkan pekerjaan mereka yang mulia, pekerjaan sebagai tim pencari adalah pekerjaan yang berbahaya.     Bila kalian bekerja sebagai tim SAR, tak perduli medan apa yang harus dihadapi, kalian harus selalu siap terjun. Mencari orang yang tersesat di gunung, mencari korban reruntuhan longsor atau menolong orang yang tenggelam.     Karena tingginya tingkat bahayanya, para tim SAR adalah orang-orang yang secara khusus sudah dilatih untuk menghadapi rintangan yang sulit.     Oh ya sob, masing-masing Negara memiliki tim SAR. Banyak sekali safety equipment yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini, mulai dari helm, headlamp , masker, sarung tangan, pakaian Coverall,sepatu safety, pelampung untuk menolong korban dan banyak lainnya tergantung situasi yang di hadapi. 8. PEMADAM KEBAKARAN

Bahaya seringkali harus dihadapi para petugas pemadam kebakaran saat bertugas. Berbagai risiko juga kerap mereka hadapi, termasuk untuk kehilangan nyawa.     Kita gaperlu khawatir lagi sob , Dinas Pemadam Kebakaran ada di seluruh Indonesia.
9. PEKERJA LISTRIK

Tidak sedikit jatuh korban luka-luka atau sampai meninggal saat melaksanakan tugas. Pekerjaan ini memiliki resiko yang sangat fatal jika tidak berhati-hati.Di Indonesia banyak sekaki perusahaan yang mempekerjakn para pekerja Listrik.Beberapa diantaranya ialah ;1. Perusahaan Listrik Negara ( PLN )2. PT.Paiton Energy Company ( PLTU Paiton I ) 3. PT. Jawa Power ( PLTU Paiton II ) 4. PT. Tenaga Listrik Sibolga. ( PLTU Sibolga ) 5. PT. (DSPL) Dayabumi Salak Pratama. Ltd (PLTP Gunung Salak) Jadi, jangan marah-marah mengumpat para pekerja Listrik yah sob jika listrik padam.
     Apresiasi harus kita berikan kepada orang-orang yang bekerja pada bidang ini. Bukan karna keinginan mereka, namun tuntutan hiduplah yang semakin besar.
Sekian artikel dari BigOwner, semoga bermanfaat sob!
Blog Post Lainnya
3 Point Utama Alat Perlindung Diri. 3 Point Utama Alat Pelindung Diri Keselamatan dan kinerja operasional di tempat kerja adalah faktor penting untuk melindungi semua aset Anda: karyawan, fasilitas, dan kepentingan finansial Anda.
Kenali Safety Jogger Lebih Dalam. Kenali Safety Jogger Lebih Dalam . . Mengingat banyaknya pekerja yang enggan menggunakan sepatu safety dengan alasan terlalu berat serta mengakibatkan kaki cepat lelah,  panas, dan alasan