17 September 2020 5:18 pm

Perbedaan ESD dengan Antistatic di Sepatu Safety

Perbedaan ESD dengan Antistatic di Sepatu Safety

Perbedaan ESD VS Anti Static


Serupa tapi tak sama, Untuk Sobat Safety yang masih bingung perbedaan antara ESD dengan Antistatic. Yuk cek penjelasannya :
  • ESD (Electro Static Discharge), memiliki hambatan listrik yang lebih rendah antara 0,1 dan 100 (MΩ). Gunanya untuk mencegah penumpukan muatan listrik statis dalam tubuh manusia dengan mengirim muatan ini ke tanah dengan cara yang sangat aman dan terkontrol. Terjamin untuk mencegah aliran listrik tiba-tiba antara objek bermuatan listrik yang disebabkan oleh kontak.
  • Antistatic memiliki hambatan listrik yang lebih rendah antara 0,1 dan 1000 MegaOhm (MΩ). Sepatu safety dengan fitur pengaman Antisatic mencegah penumpukan muatan listrik statis dalam tubuh manusia dengan mengirimkan muatan ini ke tanah, mencegah aliran listrik tiba-tiba antara benda bermuatan listrik yang disebabkan oleh kontak.

Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik.[1]Sebuah muatan listrik statis dibuat setiap kali dua permukaan terhubung dan terpisah, dan setidaknya salah satu permukaan memiliki resistensi yang tinggi terhadap arus listrik (dan karena itu adalah isolator listrik). Efek listrik statis yang akrab bagi kebanyakan orang karena orang dapat merasakan, mendengar, dan bahkan melihat percikan sebagai kelebihan muatan dinetralkan ketika dibawa dekat dengan konduktor listrik yang besar (misalnya, dialirkan ke tanah (ground)).

Ilustrasi Terjadinya Anti Static Pada Tubuh Manusia | bigowner®
Ilustrasi Terjadinya Anti Static Pada Tubuh Manusia | bigowner®
Muatan listrik Statis timbul karena :
  1. Friksi antara sol sepatu dengan permukaan lantai yang menyebebkan transfer electrons, meninggalkan muatan positif di satu permukaan dan muatan negatif di sisi lain. ini disebut muatan listrik tribo atau listrik statis
  2. Ketika seseorang berjalan, listrik statis akumulasi di badan. Kita tidak bisa merasakan listrik statis sampai muatan mencapai 3500 volt
  3. Listrik statis tetap ditempat sampai orang tersebut menyentuh orang atau benda lain, kemudian muatan listrik statis ditransfer atau dilepaskan (discharge) kepada seseorang atau objek benda. Muatan statis serendah 20 volt dapat merusak atau menghancurkan komponen elektronik yang sensitif. Untuk tempat tertentu yang memiliki cairan kimia berbahaya dapat mengakibatkan kebakaran.

Sepatu safety dengan fitur ESD dan Antistatic adalah sepatu safety pengaman konduktif. Arti konduktif disini adalah dapat menghantarkan atau menyalurkan alur listrik. Dengan adanya fitur ESD dan Antistatic dapat melindungi diri dari peralatan listrik yang menghantarkan muatan listrik ke tanah,mencegah sengatan listrik statis, muatan atau percikan api.

Sepatu Safety Jogger Absolute dan Ligero | bigowner®
Sepatu Safety Jogger Absolute dan Ligero | bigowner®


Sepatu Safety Jogger sudah memiliki standard Antistatic dan ada beberap yang memiliki standard ESD. Yuk, cek beberapa sepatu Safety Jogger seperti Safety Jogger Absolute, Safety Jogger Ligero, Safety Jogger Rocket81

Perbandingan sepatu safety ESD dengan Anti Static :
ESD
Anti Static
Sepatu Safety Jogger ESD mencegah pelepasan muatan listrik statis yang tidak terkendali.
Sepatu Safety Jogger Anti Static mengurangi kemungkinan pelepasan muatan listrik statis
Hambatan listrik antara 0,1 dan 100 (MΩ)
Hambatan listrik antara 0,1 dan 1000 (MΩ)
Norma - BS EN 61340-4-3: 2002 (IEC 61340-4-3: 2001)
Norma - EN 20344: 2011 5 10
Dijamin hambatan listrik yang sangat rendah dalam kondisi apapun
Kapasitas disipatif yang cukup
100% Diuji dalam produksi
100% Diuji dalam produksi

ESD DI INDUSTRI Sepatu safety dengan fitur ESD dan Antistatic digunakan dalam berbagai jenis industri untuk melindungi peralatan atau komponen sensitif dari pelepasan muatan listrik statis, seperti dirgantara, manufaktur peralatan industri, manufaktur semikonduktor, insinyur listrik, manufaktur peralatan telekomunikasi, manufaktur baterai, manufaktur peralatan komputer, industri medis, rumah sakit dan banyak lagi.

ESD dapat mencegah berbagai efek berbahaya di tempat kerja. Pelepasan muatan statis yang tidak terkontrol dapat menyebabkan ledakan gas, uap bahan bakar, atau debu batubara, serta kegagalan komponen elektronik solid state seperti sirkuit terintegrasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang yang bekerja di lingkungan ini untuk memakai ESD atau sepatu pengaman antistatis untuk melindungi semua komponen listrik.
ESD Classes :
Safety Jogger ESD Classes | bigowner®
Safety Jogger ESD Classes | bigowner®
Suhu dan kelembapan (atau kadar air dalam sepatu) berpengaruh besar pada hambatan listrik sepatu pengaman ESD. Sepatu keselamatan dengan perlindungan ESD diuji dan dibagi menjadi beberapa kelas iklim, 1, 2 dan 3. Perbedaan antara ketiga kelas tersebut adalah waktu pengkondisian, suhu dan kelembaban. Misalnya, kelas iklim 1 adalah kelas ESD dengan suhu tertinggi dan kelembaban terendah. Ketika sepatu pengaman memenuhi kriteria kelas 1 (dengan kata lain, hambatan listrik antara 0,1 dan 100 MΩ), sepatu tersebut memiliki jaminan hambatan listrik rendah, bahkan dalam keadaan luar biasa. Menguji sifat ESD sepatu pengaman untuk sertifikasi ESD melibatkan metode pengujian dalam kondisi laboratorium. Sepatu pengaman ditempatkan pada pelat baja tahan karat sebagai elektroda pertama dan elektroda penghitung ditempatkan di dalam sepatu pengaman pada sol dalam. Berat 12,5 kg (+/- 2,5 kg) kemudian diterapkan. Sebuah perangkat mengukur resistansi kontak antara dua elektroda. Harus kurang dari 100 megaohm agar sertifikasi ESD diberikan untuk kelas iklim terkait.

Ingat ya, Sepatu safety konduktif ini tidak sama dengan sepatu pengaman isolasi seperti merk Yotsugi, Respirex, dll. Sepatu keselamatan konduktif dipakai di industri di mana sengatan listrik statis bermasalah atau dapat memicu kebakaran atau ledakan dan tidak sama dengan sepatu pengaman isolasi, seperti sepatu pengaman dengan peringkat EH (Electrical Hazard), yang melindungi Anda dari menyelesaikan sirkuit listrik ke tanah.

Untuk fitur EH (Electrical Hazard) akan dibahas di blog selanjutnya ya.

Author : Henry
BigOwner Official Creative Team

#SafetyJogger #SafetyJoggerOriginal #SafetyJoggerIndonesia #SepatuSafety #SepatuSafetyTermurah #SepatuSafetyBestSeller #ImportirSafetyJogger #BigOwner #BigOwnerOfficial #SafetyForLifestyle #SafetyJoggerForLifestyle #K3 #SepatuSepti #SepatuSeptiJoger #SepatuSafetySporty #SepatuSafetyCasual #SepatuSafetyPalingRingan #HargaSepatuJoggerOriginal #JualSepatuJogger #ImportirResmiSafetyJogger #SafetyJoggerMedan #SepatuSafetyJoggerTermurah
Blog Post Lainnya
Kenali Safety Jogger Lebih Dalam. Kenali Safety Jogger Lebih Dalam . . Mengingat banyaknya pekerja yang enggan menggunakan sepatu safety dengan alasan terlalu berat serta mengakibatkan kaki cepat lelah,  panas, dan alasan